Pages

Sunday, October 04, 2015

Arti Niat dalam Menentukan Kesuksesan di Tahun Baru Hijriah

Sumber gambar: www.musewords.com
Sebuah perkataan ulama salaf yang masyhur dilingkungan pesantren yaitu: "Seringkali amal yang kecil menjadi besar karena niatnya dan seringkali pula amal yang besar menjadi kecil karena niatnya."
Berdasarkan hal tersebut maka niat merupakan penentu utama dalam menentukan nilai sebuah usaha atau pekerjaan.
Ketika seseorang melakukan perbuatan yang luar biasa, misalnya sesorang yang berprofesi sebagai dokter yang mampu menolong orang-orang yang sakit, namun jika tidak diiringi dengan niat yang tulus ikhlas maka ia akan menggunakan profesinya tersebut untuk menumpuk kekayaan pribadi semata, sehingga terkadang melakukan analisa yang salah kepada pasien yang tidak mampu membayar sesuai nominal yang diinginkannya. Begitupun jika seorang guru yang memiliki peran besar dalam menentukan kemajuan pendidikan suatu bangsa tidak memiliki niat yang tulus ikhlas, dan hanya memikirkan honor yang akan diterima, maka sudah barang tentu dia akan melalaikan tanggung jawabnya sebgai seorang guru apa bila ternyata honor yang diterima tidak sesuai dengan yang diinginkan.
Namun pernakah kita berfikir, adakah kepuasan dalam memiliki harta benda? hal yang tampak dalam kehidupan sekitar kita adalah bahwa tidak seorang pun yang pernah mengatakan puas terhadap harta yang telah dimilikinya. Harta, dunia dan khsusnya uang selalu berkorelasi dengan angka-angka, dan sudah menjadi karakteristik angka yang dalam hitungannya tidak pernah mengenal ahir, karenanya para ahli matematika sering kali menggunakan ungkapan tak terhingga untuk nominal angka terbesar.
Niat yang baik adalah niat tidak disandarkan kepada nominal angka-angka tetapi disandarkan kepada Sang Pemilik angka-angka, yaitu Allah swt. Jika sikap ini yang ditanamkan maka kita akan memasrahkan setiap hitungan angka harta yang kita terima kepada Allah, tidak ada angka yang lebih kecil untuk diingkari dan tidak ada angka yang lebih besar untuk disombongkan, besar atau pun  kecil nominal yang kita terima harus disyukuri, semua diserahkan kepada Allah swt, karena Dia adalah Yang Mahamengetahui apa yang kita butuhkan dan apa yang tidak kita butuhkan. Inilah yang disebut dengan sifat Tawakal.
Berdasarkan uraian tersebut, maka di Tahun Baru Islam 1437 Hijriah ini marilah kita perbaiki niat kita dalam bekerja. Hal ini karena makna hijrah yang sebenarnya adalah berubah menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya sehingga kita dapat merasakan nikmatnya kebahagian serta kesuksesan sejati.

No comments:

Post a Comment