Pages

Monday, October 05, 2015

Cara Mendapatkan Rezeki Anak Yang Soleh

Sumber gambar: www.pinterest.com
Rasulullah saw bersabda: "Apabila seorang anak Adam mati, maka putuslah amalnya kecuali tiga perkara : sedekah jariah,atau ilmu yang memberi manfaat kepada orang lain atau anak yang soleh yang berdoa untuknya." (H.R Muslim)
Ketiga point dalam hadits tersebut sebenarnya tidaklah terpisah satu sama lain. Baik  itu sedekah, ilmu atau pun anak yang soleh ketiganya merupakan satu kesatuan. Akan tetapi memang kedudukan anak soleh dalam hadtis tersebut merupakan posisi yang paling utama karena di dalam anak soleh juga terkandung sedekah jariyah dan juga ilmu yang bermanfaat.

Anak yang soleh adalah anak yang lahir dan terbentuk dari keilhlasan dan pengamdian yang tulus orang tuanya kepada Allah swt. Ketika seorang anak lahir kedunia, maka orang tuanya disunahkan untuk mengucap syukur kepada Allah dengan cara sedekah kepada tetangga terutama fakir miskin, adapun sedekah yang dicontohkan oleh Rasulullah adalah dengan menyembelih satu ekor kambing untuk bayi perempuan dan dua ekor kambing untuk bayi laki-laki, tradisi inilah yang kemudian dalam Islam disebut aqiqah.
Untuk membentuk lingkungan yang dapat membentuk anak yang soleh, para orang tua pun diharapkan untuk sering melakukan sedekah kepada tetangga-tetangga di sekitarnya, hal ini penting dilakukan agar tidak terjadi pertentangan antar tetangga sehingga timbul fitnah yang dapat  merusak proses belajar anak di lingkungakan masyarakat. Penghargaan kepada para ulama yang dapat mengajarkan anak-anak kita berupa ilmu pengetahuan baik itu pengetahuan agama atau pun pengetahuan umum adalah sangat penting, karena apabila dalam suatu masyarakat alim ulama diberikan kedudukan dan kehormatan yang tinggi maka akan tercipta kesejahteraan dalam masyarakat tersebut.
Selanjutnya, untuk mendidik anak yang soleh tidak hanya diperlukan masyarakat atau pun guru yang soleh, akan tetapi yang terpenting juga adalah orang tua yang soleh, baik ibu atau pun ayah, yang dapat memberikan petunjuk dan contoh yang baik bagi anak-anaknya.
Dengan demikian memiliki anak yang soleh tidaklah semudah membalik telapak tangan, butuh kesabaran dan kerja keras dari orang tuanya. Doa dan kesungguhan dalam mendidik adalah kunci utama memiliki anak yang soleh. Akan tetapi yang perlu diingat adalah anak yang soleh bukan hanya diberikan kepada anak biologis kita saja, akan tetapi murid-murid yang kita mliki baik itu murid di lingkungan seklah formal atau pun murid-murid di lingkungan tempat tinggal kita, ataupun anak yatim atau yatim piatu yang kita santuni, dapat juga disebut sebagai anak yang soleh bagi kita.
Karenanya jika kita menginginkan rezeki anak soleh melimpah kepada kita kunci utamanya adalah perbanyaklah sedekah dan manfaatkanlah ilmu yang kita miliki maka anak yang soleh pun akan mengikuti.

No comments:

Post a Comment