Pages

Friday, September 11, 2015

Resensi Buku: Revolusi Peradaban Mencari Tuhan dalam Batang Tubuh Ilmu



Judul buku                  : Revolusi Peradaban Mencari Tuhan Dalam Batang Tubuh Ilmu
Pengarang                   : Dr. Cecep Sumarna
Penerbit                       : Mulia Press Bandung
Tahun Terbit                : 2008
Jumlah Halaman          : xix+284 halaman
Buku Revolusi Peradaban Mencari Tuhan dalam Batang Tubuh Ilmu adalah karya dari dosen Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Buku ini mencoba menjelaskan labirin kehidupan manusia yang selalu diametral. Mensimetrikan kehidupan manusia yang berjalan dalam dunia terang di kegelapan dan menciptakan kegelapan dalam dunia yang terang. Berpolarisasi dalam irama hiidup yang sepi dalam keramaian dan ramai dalam kesepian. Mencitrakan diri sebagai genus unik sekaligus antik. Mencitrakan manusia sebagai pemberontak Tuhan dan sekaligus pembangun citra Tuhan di Bumi.
Buku ini sangat dialektis. Penulis memberikan sebuah gambaran bahwa saat ini saintis seolah telah mampu membuat Tuhan menjadi linglung. Ia seolah dibikin tidak berdaya ketika berhadapan dengan mahluk ciptaan-Nya dengan genus manusia. Tuhan seolah tidak mampu memprediksi manusia yang semula tumbuh dari balutan kecil dan hina, tiba-tiba besar digjaya serta mengancam eksistensi diri-Nya. Ancamannya bukan dari Syetan yang sombong dan sempat dikutuk-Nya, tetapi justru dari manusia yang semula menjadi kebanggaan ciptaan-Nya.
Tema revolusi peradaban yang diusung dalam buku ini merupakan percikan-percikan kegelisahan penulisnya terhadap masalah kemanusia tersebut. Cecep Sumarna, sang penulis buku ini, seolah mengajak pembacanya untuk merenungkan kembali makna kehidupan dari mulai merubah nalar berfikir hingga tatarn praktis dalam mengaplikasikan kearifan berfikir filosofis.
Buku ini sangat cocok dibaca bagi orang-orang yang peduli terhadap upaya perbaikan kehidupan masyarakat, terutama bagi kaum pendidik yang memiliki andil yang cukup besar dalam menentukan arah peradaban bangsa.



No comments:

Post a Comment