Pages

Friday, August 21, 2015

André Paul Guillaume Gide Sang Penyair Kebebeasan

André Paul Guillaume Gide adalah seorang penulis Perancis dan pemenang Hadiah Nobel Sastra pada tahun 1947. Karir Gide berkisar antara permulaannya dalam gerakan simbolis (the symbolist movement), hingga munculnya gerakan anticolonialism antara dua Perang Dunia.
Gide dikenal karena karya-karya fiksi dan otobiografinya. Dalam karya-karyanya Gide menghadapkan pandangan masyarakat konflik dan pendamba kedamaian yang hancur karena pendidikan kaku dan moralisme sosial yang sempit.
Gide melakukan analisa tentang kebebasan dan pemberdayaan umat manusia dalam menghadapi kendala moral dan puritan. Dalam karyanya ia berupaya terus menerus untuk mencapai kejujuran intelektual. Teks sastra yang digubahnya mencerminkan eksplorasinya dalam pencarian tentang bagaimana untuk sepenuhnya menjadi diri sendiri, bahkan hingga ke titik nilai seksual seseorang sekalipun, tanpa bermaksud untuk menghakimi siapa pun. Begitupun kegiatan politiknya mencerminkan oleh etos yang sama, hal tersebut seperti yang ditunjukkan oleh penolakannya terhadap komunisme setelah perjalanannya ke Uni Soviet pada tahun 1936.
Karya-karya Gide yang mengandung motivasi pencarian jati diri sebagai manusia dan kebebasan menjadi salah satu inspirasi bagi Chairil Anwar dalam menciptakan karya-karya yang memiliki semangat yang sama.

No comments:

Post a Comment