Pages

Friday, August 21, 2015

Memperlakukan Anak dengan Kasih Sayang

Abu Hurairah ra pernah menceritakan bahwa suatu hari Rasulullah saw. mencium Al-Hasan bin Ali ra, cucu beliau. Pada saat itu dihadap beliau terdapat Al-Aqra' ibn Haabis yang sedang duduk. Lalu Al-Aqra' berkata: "sesungguhnya saya punya sepuluh orang anak, tetapi saya belum pernah mencium seorang pun di antara mereka." Rasulullah saw memandang ke arahnya dan bersabda:
"Barangsiap yang tidak berbelas kasih tidak akan dikasihani" (H.R. Bukhari)
Kisah tersebut menjelaskan betapa pentingnya menunjukan rasa kasih sayang kepada anak-anak kita, baik itu anak kandung atau pun kepada anak-anak lain pada umumnya.
Generasi yang penuh dengan rasa kasih sayang terhadap sesama adalah generasi yang nantinya akan terhidar dari konflik antar sesama. Mereka lebih mengedepankan kepentingan bersama dari pada memaksakan kepentingan pribadinya sendiri.
Rasa kasih sayang juga akan mendekatkan relasi psikologis antara orang tua dan anak dengan demikian proses pendidikan yang dilakukan oleh orang tua kepada anak-anaknya akan berjalan dengan baik.
Tidaklah sesuatu yang memalukan bila seorang ayah yang menunujukan kasih sayang kepada anak-anaknya walaupun di memiliki kedudukan sosial yang tinggi di masyarakat. Akan tetapi malah sebaliknya, rasa kasih sayang yang ditunjukan oleh orang tua akan memberikan keistimewaan yang tinggi kepada diri orang tua sendiri sebagai suri tauladan yang baik bagi keluarga atau pun masyarakat.
Jadi sudahkan anda mencium anak anda hari ini?


No comments:

Post a Comment