Pages

Saturday, August 29, 2015

Inilah Kenapa Islam Mewajibkan Shalat Subuh

Shalat meurpakan rukun Islam yang kedua setalah seorang muslim mengikrarkan dirinya dengan membaca dua kalimah syahadat. Dalam shalat terdapat beragam aktivitas antra lain, berdoa, bergerak, dan bermeditasi. 
Shalat subuh merupakan salah satu dari lima shalat yang diwajibkan kepada setiap muslim. Tahukah anda, bahwa shalat tidak hanya sekedar mendapatkan pahala dari Allah swt saja akan tetapi manfaat shalat, terutama subuh juga dapat dirasakan langsung dalam kehidupan kita sehari-hari. 
Adapun manfaat tersebut adalah:
  • Shalat subuh menggugah seseorang untuk bangun lebih awal di pagi hari, sehingga dapat lebih leluasa dalam mempersiapkan segala aktivitas yang akan dikerjakan sepanjang hari.
  • Dengan shalat subuh, kita jadi bergerak, sehingga terjadi peregangan otot yang kaku setelah bangun tidur.
  • Sebelum shalat subuh sangat dianjurkan untuk mandi terlebih dahulu, sehingga badan akan lebih segar.
  • Udara di pagi hari adalah udara yang masih bersih belum terkontaminasi oleh polusi sehingga dapat membantu untuk menjaga kesehatan paru-paru terutama bagi penderita penyakit yang berhubungan dengan masalah pernapasan.
  • Shalat subuh di masjid bagi laki-laki akan menjadikan dirinya lebih leluasa dalam melihat perilaku masyarakat di lingkungannya sehingga dapat mengetahui mana tetangga yang shaleh dan mana yang tidak. Dengan  mengetahui hal ini seorang laki-laki terutama kepala rumah tangga dapat menentukan sikap apa yang harus dilakukan kepada tetangga dan masyarakatnya.
  • Setiap pagi biasanya tubuh secara otomatis akan meregenerasi seluruh fungsi yang ada padanya, terutama organ pencernaan. Karenanya buang air besar merupakan salah satu aktivitas rutin di pagi hari. Dengan shalat Subuh di pagi hari maka proses buang air besar akan lancar.
  • Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk belajar bagi anak-anak. Hal ini karena otak belum terbebani oleh hal-hal lain di luar rumah. Maka gunakanlah pagi hari sebagai waktu ekslusif keluarga khsusnya antara Ibu dan anak-anaknya, jika sang ayah tidak sempat menemani karena harus pergi ke kantor lebih awal.
  • Bangun pagi untuk melaksanakan Shalat Subuh pun mampu menormalkan kinerja syaraf dan otak. Apalagi saat pagi hari kadar ozon (O3) cukup tinggi yang mampu membantu aktivitas syaraf dan otak. Termasuk mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah dan serangan jantung.
Sebenarnya masih banyak lagi manfaat bangun di pagi hari apa lagi ditambah dengan shalat Subuh. Karena itu pantaslah jika Nabi Muhammad saw bersabda: "Dua rakaat shalat subuh lebih baik dari dunia dan seisinya" (H.R. Muslim dan Ahmad). Mau bukti? silahkan mencoba!

Baca juga: Mendiagnosis Gejala Autisme Sedini Mungkin

 

No comments:

Post a Comment