Pages

Saturday, August 22, 2015

Perencanaan Pendidikan

 oleh: Frenky Mubarok

Setiap Kegiatana Belajar Mengajar baik yang dilakukan secara formal di kelas ataupun non formal, pasti memiliki tujuan baik itu jangka pendek atau pun jangka panjang. Untuk mencapai tujuan tersebut maka hal yang paling utama yang harus dilakukan adalah dengan cara membuat suatu perencanaan yang matang.
Anen (1999) berpendapat bahwa "Planing is future thingking; palanning is controlling the future; planning is decision making; palanning is integrated decision making."
Berdasarkan hal tersebut maka perencanaan berisi tentang harapan (das sollen) masa depan dari suatu kegiatan.
Adapun perencanaan pendidikan memiliki unsur sebagai berikut:
Penggunaan analisis yang bersifat rasional dan sistematik dalam perencanaan pendidikan, hal ini menyangkut metodologi dalam perencanaan. Perencanaan pendidikan dewasa ini telah berkembang dengan berbagai pendekatan dan metodologinya yang cukup kompleks dan rumit, antara lain: model pendekatan Social Demand, Man Power, Cost Benefit, Strategic dan Comprehensive.
Proses pembangunan dan pengembangan pendidikan, artinya bahwa perencanaan pendidikan itu dilakukan dalam rangka reformasi pendidikan, yaitu suatu proses dari status sekarang menuju ke status perkembangan pendidikan yang dicita-citakan. Perencanaa merupakan suatu momen kegiatan dalam proses yang kontinyu.
Prinsip efektivitas dan efisiensi, artinya dalam perencanaan pendidikan itu pemikiran secara ekonomis sangat menonjol, misalnya dalam hal penggalian sumber-sumber pembiayaan pendidikan, alokasi biaya, hubungan pendidikan dengan tenaga kerja, hubungan pengembangan pendidikan dengan pertumbuhan ekonomi.
Kebutuhan dan tujuan peserta didik dan masyarakat (lokal, regional, nasional dan internasional), artinya perencanaan pendidikan itu mencakup aspek internal dan eksternal dari keorganisasian sistem pendidikan itu sendiri.
Perencanaan pendidikan pada dasarnya berpusat pada tiga komponen utama, yaitu:
Dengan perencanaan itu ditunjukan tujuan (visi, misi, dan sasaran) apakah yang harus dicapai?
Bagaimanakah perencanaan itu dimulai?
Bagaimanakah cara mencapai tujuan (visi, mis, dan sasaran) yang harus dicapai itu?
Tahapan perencanaan menurut Banghart dan Trull (1973) adalah sebagai berikut:
Prologue: pendahuluan atau langkah persiapan untuk memulai kegiatan perencanaan.
Identifying educational planning problems yang mencakup: (a) delineating the scope of educational problem atau menentukan ruang lingkup permasalahan perencanaan, (b) studying what has been atau mengkaji apa yang telah direncanakan, (c) determining what has been versus what should be artinya membandingkan apa yang telah dicapai dengan apa yang seharusnya dicapai, (d) resources and contraints atau sumberdaya yang tersedia dan keterbatasannya, (e) estabilishing educational planning parts and priorities artinya mengembangkan bagian-bagian perencanaan dan prioritas perencanaan.
 Analizing planning problem area artinya mengkaji permaslahan perencanaan yang mencakup: (a) study areas and systems of subareas artinya mengkaji permasalahan dan sub permasalahan, (b) gathering date artinya pengumpulan data, tabulating date atau tabulasi data, (c) forecasting atau proyeksi.
Conceptualizing and designing plans, mengembangkan perencanan yang mencakup: (a) identifying prevaliling trends atau identifikasi kecenderungan-kecenderungan yang ada, (b) establishing goals and objective atau merumuskan tujuan umum dan tujuan khusus, (c) designing plans, menyusun rencana.
Evaluating plan.
Specifying the plan.
Implementing the plan.
 Plan feedback, atau balikan pelaksanaan rencana yang mencakup: (a) mentoring the plan, (b) evaluating the plan, (c) djusting, altering or planing for what, how, and by whom yang berarti mengadakan penyesuaian, mengadakan perubahan rencana atau merancang apa yang perlu dirancang lagi bagaimana rancangannya, dan oleh siapa.
Semoga dengan melakukan Perencanaan Pendidikan yang matang proses KBM yang dilaksanaan akan berjalan dengan lancar dan tercapai apa yang menjadi tujuan pendidikan.

No comments:

Post a Comment