Pages

Monday, August 24, 2015

Pantai Samboja Potensi Wisata Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu Yang Terlupakan


Para wisatawan yang sedang bermain di Pantai Samboja

Pantai Samboja yang berlokasi di Desa Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu, Propinsi Jawa Barat, adalah salah satu tujuan wisata lokal yang sangat murah, terutama bagi para remaja yang ingin menghabiskan waktu menikmati suasana pantai. Setiap hari terutama di sore hari, banyak para wisatawan baik itu yang merupakan penduduk sekitar ataupun dari luar wilayah kecamatan Kandangahur yang sengaja datang untuk berwisata. 
Pada awalnya penduduk sekitar belum menyadari potensi wisata dan ekonomi yang ada di Pantai Samboja ini, mereka cenderung mengabaikan keberisahan pantai dan penyediaan sara wisata. Bahkan dikarenakan para penduduk sekitar dengan seenaknya buang air besar di sekitar pantai terutama di sela-sela tumpukan batu pemecah ombak. Walhsil banyak sekali pengunjung yang mengeluhkan akibat polusi dan pencemaran sampah dan kotoran manusia yang ada disekitar pantai. 
Lain dulu lain sekarang. Saat ini penduduk sekitar Pantai Samboja sudah mulai sadar betul bahwa Pantai Samboja merupakan sebuah aset daerah terutama desa Eretan Kulon yang harus dipelihara dengan baik terutama masalah kebersihan dan penyediaan sarana dan prasarananya. Kini telah dibangun beberapa gubug warung yang menyediakan jajanan bagi para wisatawan, yang juga dilengkapi dengan fasilitas pemandian bagi para wisatawan yang ingin membilas atau membersihkan tubuhnya setelah bermain di pantai. 
Salah satu sudut Pantai Samboja
Kesadaran yang telah tumbuh di masyarakat sekitar Pantai Samboja, ternyata belum seratus persen menyeluruh, masih banyak para oknum penduduk yang membuang sampah sembarangan di pantai, karenanya perlu adanya penyuluhan dan sosialisasi bagi seluruh warga sekitar Pantai Samboja untuk bersama-sama memajukan potensi wisata pantai guna meningkatkan perekonomian warga sekitar. Semoga pemerintah Desa Ereten Kulon, atau bahkan Kecamatan Kandanghaur dan Kabupaten Indramayu dapat memberikan peranan positifnya bagi pembangunan wisata Pantai Samboja.

No comments:

Post a Comment