Pages

Saturday, August 22, 2015

Para Mufasir di Era Sahabat Nabi saw

Sahabat Nabi adalah para perintis Islam periode awal. Mereka adalah individu-individu yang didik langsung oleh Nabi Muhammad saw. Setelah Nabi wafat banyak di antara mereka yang tampil menjadi orang yang menjadi rujukan masyarakatnya sebagai penafsir Al-Qur'an. Adapun penafsir Al-Qur'an atau mufassir pada periode sahabat dapat digolongkan menjadi dua segi antara lain:
Ditinjau dari popularitasnya, yaitu: Abu Bakar ash-Shidiq, Umar bin Khattab, Usman bin 'Affan, Ali bin Abi Thalib, Ibnu Mas'ud, Ibnu 'Abbas, Ubay bin Ka'ab, Zaid bin Tsabit, Abu Musa al-Asy'ari, dan Abdullah bin Zubair. Adapun tokoh yang tidak begitu masyhur antara lain: Anas bin Malik, Abu Hurairah, 'Abdullah bin Umar, Jabir bin Abdullah, Abdullah bin 'Amr bin Ash, dan 'Aisyah.
 Ditinjau dari intensitas dan kuantitasnya, yaitu: Ali bin Abi Thalib, 'Abdullah bin 'Abbas, Abdullah Ibn Mas'ud dan Ubay bin Ka'ab. Sedangkan tokoh yang relatif sedikit dalam hal penafsirannya terhadap al-Qur'an adalah: Zaid bin Tsabit, Abu Musa al-Asy'ari, Abdullah bin Zubair, Abu Bakar, Umar bin Khattab, Usman bin 'Affan, Anas bin Malik, Abu Hurairah, Abdullah bin 'Umar, Jabir bin 'Abdullah, Abdullah bin 'Amr bin Ash dan 'Aisyah.

No comments:

Post a Comment